Blog

Cara Menyembuhkan Infeksi Mata Kucing

Cara Menyembuhkan Infeksi Mata Kucing

Saat Anda memelihara kucing tidak cuma obat kutu kucing saja yang harus anda perhatikan tetapi banyak hal lainya mengenai kesehatan kucing tersebut, maka akan menemui beberapa masalah saat merawat mereka. Salah satu masalah yang sering muncul dalam proses perawatan kucing adalah adanya penyakit berupa infeksi mata kucing. Infeksi mata kucing atau dikenal dalam bahasa medis konjungtivitis feline merupakan suatu keadaan di mana mata kucing berwarna merah muda akibat meradangnya membran pada kelopak mata kucing bagian dalam dan bagian putihnya. Infeksi mata kucing ini paling sering mengenai salah satu bagian mata saja.cara menyembuhkan infeksi pada mata kucingSeperti halnya cara memelihara anjing dengan baik dan benar maka infeksi mata ini paling sering disebabkan oleh virus Herpes Feline-Chlamydia Feline atau Mycoplasma. Bila infeksi mata kucing ini terjadi selama beberapa bulan dalam jangka waktu tahunan, namun terjadi hanya dalam waktu singkat-singkat saja. Bisa jadi infeksi tersebut terjadi karena adanya kaitan dengan penyakit mata lainnya. Ada beberapa tanda-tanda fisik pada kucing yang mengalami infeksi mata. Tanda-tanda tersebut antara lain:

  1. Bagian mata yang terkena infeksi sesekali atau terus-menerus menyipit. Jika mata menyipit dengan parah maka hal tersebut mengindikasikan terjadi ulkus kornea atau erosi.
  2. Mata kucing berair berupa lendir berwarna kuning keabu-abuan. Bahkan kadang ada cairan berwarna merah gelap seperti darah. Namun yang keluar tersebut bukanlah darah.
  3. Adanya lapisan konjungtiva yang mengelilingi matanya berwarna merah serta meradang.
  4. Pada bagian iris mata biasanya muncul kusam atau warna mata berbeda dengan mata normal.
  5. Semua tanda-tanda di atas dapat muncul bersamaan atau hanya sebagian dan bisa pada satu bagian mata saja atau bisa kedua mata sekaligus.

Dari berbagai tanda infeksi mata kucing di atas Anda dapat melakukan penyembuhan secara alami menggunakan daun sirih. Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit salah satunya infeksi mata kucing. Minyak atsiri daun sirih memiliki kandungan berbagai zat yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman, sebagai antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur. Selain itu juga memiliki kemampuan menahan pendarahan dan mampu menyembuhkan luka kulit.

Dari berbagai kemampuan daun sirih tersebut, Anda dapat mengaplikasikannya untuk menyembuhkan infeksi mata pada kucing. Cara pengobatannya pun mudah dan tak memerlukan biaya mahal. Hal yang pertama harus dilakukan adalah membuat ramuan dari daun sirih. Anda siapkan empat lembar daun sirih segar kemudian cucilah hingga bersih. Selanjutnya rebus daun sirih dengan air secukupnya hingga mendidih. Seusai mendidih biarkan hingga dingin dan pindahkan ke botol yang tak terpakai.

Setelah obat alami dari daun sirih tersebut jadi, Anda ambil kapas atau bisa gunakan cotton buds kemudian basahi dengan air daun sirih. Oleskan searah pada bagian mata kucing yang sakit dengan perlahan dan gunakan kapas atau cotton buds sekali saja. Sekali usap langsung buang dan gunakan lagi yang baru untuk mengoles. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah jangan mengoleskan air daun sirih menggunakan tangan Anda pada mata kucing. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar mata kucing segera sembuh dari infeksi.

Terlepas dari pembahasan mengenai cara menyembuhkan infeksi pada mata kucing, jika kucing kesayangan anda mengalami masalah terutama masalah kutu maka kami menawarkan kepada anda sebuah obat anti kutu kucing herbal yang ampuh dan aman membasmi kutu pada kucing kesayangan anda, untuk informasi dan pemesanan bisa menghubungi kami melalui 0856-0000-624

Leave a comment