Blog

maslah perilaku anjing dan solusinya

12 Masalah Perilaku Anjing dan Solusinya

Sebagai seorang pecinta hewan peliharaan pastinya sangat peduli dengan segala macam hal yang dilakukan hewan kesayangan kita. Nah, tidak bisa dipungkiri bahwa hewan peliharaan pun memiliki beberapa tingkah laku yang aneh dan kadang berubah menjadi tidak penurut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ulasan dari kami admin obat kutu anjing kali ini, kami akan membawa anda setiap pecinta anjing untuk mengetahui apa saja masalah perilaku anjing dan juga solusinya ketika si anjing mulai berperilaku “nyeleneh”?

maslah perilaku anjing dan solusinya

cobalah baca 12 masalah perilaku anjing dan solusinya berikut:

  1. Menggali Menggali adalah salah satu kebiasaan anjing yang dianggap lumrah. Namun bayangkan jika anjing anda menggali disekitaran taman anda, tentu hal ini dapat dikatagorikan sebagai masalah perilaku anjing. Cara menghentikan masalah perilaku anjing seperti ini adalah dengan menegurnya saat ia sedang menggali. Sebagai gantinya sediakan bak pasir khusus agar ia tetap bisa menggali tanpa merusak taman.
  2. Mengunyah / Chewing Sama halnya dengan balita, anak anjing juga mengalami pertumbuhan gigi yang membuatnya suka mengunyah. Tak jarang kebiasaan ini berlanjut hingga anjing dewasa. Jika luput dari pengawasan anjing dapat mengunyah barang kesayangan anda dan dapat pula melukai dirinya sendiri dengan mengunyah dan menelan benda yang tak seharusnya seprti kayu dan kain. Cara mengatasi masalah perilaku anjing ini adalah dngan memberinya mainan yang aman untuk dikunyah.
  3. Tidak datang saat Anda panggil Anjing yang tak merespon saat anda panggil adalah sebuah masalah perilaku anjing yang harus segera diatasi, jika tidak anda akan kesulitan membangun komunikasi dan gagal memiliki anjing penurut. Cara tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberinya hadiah atau sekedar elusan di kepala saat ia dapat menghampiri anda. Dengan begitu ia akan tahu bahwa menghampiri anda adalah hal yang baik.
  4. Menarik tali pengikatnya Saat jalan-jalan bersama, tali pengikat adalah hal yang penting agar anjing anda tak hilang atau melukai orang lain. Namun, apa jadinya jika anjing anda terus menarik tali pengikatnya? Tentunya hal ini akan merepotkan anda. Untuk mengatasi masalah perilaku anjing ini lakukan latihan “jalan dan berhenti”, yaitu berhentilah saat anjing mulai menarik tali pengikat dan jalan kembali ketika talinya mulai longgar. Dengan begitu anjing akan menyadari bahwa menarik tali tak akan membuatnya bisa kemana mana.
  5. Gelisah saat ditinggal Anjing yang telah sangat akrab dengan pemiliknya akan merasa gelisah saat ditinggal sendirian. Meskipun hal yang wajar, tetap saja hal ini termasuk masalah perilaku anjing. Bayangkan saja jika anda harus pergi untuk keperluan yang tak memperbolehkan membawa anjing, sedangkan anjing anda tak bisa ditinggal sendirian. Merepotkan bukan? Untuk mengatasi hal ini anda dapat melatih anjing anda sendirian dengan meninggalnya sendirian dalam waktu yang berkala (5 menit,lalu sepuluh menit dst). Anda juga bisa menyalakan tv atau radio untuk membuatnya lebih tenang saat ditinggal.
  6.  Merengek Anjing yang selalu minta perhatian terkadang akan sangat merepotkan. Untuk mngatasi masalah perilaku anjing ini cobalah untuk bersikap cuek saat ia merengek dan berilah perhatian saat ia sudah bersikap normal.
  7. Menggonggong di pintu saat ada tamu Hal ini bisa jadi alarm bagi anda sat ada tamu yang datang, namun tak semua tamu anda akan menyukai hal ini. untuk mengatasi masalah perilaku anjing jenis ini cobalah mengajarkan anjing untuk tenang dengan memerintahkannya duduk saat tamu datang.
  8. Melompat ke tubuh orang Melompat ketubuh orang bisa adalah cara anjing untuk menyambut orang lain atau meluapkan kebahagiaan. Meskipun begitu, tindakan seperti ini akan membuat orang yang tak terbiasa dengan anjing merasa takut. Solusi masalah perilaku anjing seperti ini adalah dengan mengelus atau memberinya hadiah hanya saat dia melakukan sesuatu dengan benar. Dengan begitu ia akan lebih belajar cara mengontrol kebahagiaan.
  9. Menggigit Menggigit adalah cara anjing untuk mengekspresikan cara takut. Namun anjing yang suka menggigit bisa jadi anjing yang menakutkan, untuk mengatasi masalah perilaku anjing ini ajaklah anjing jalan jalan agar ia bersosialisasi dan terbiasa dengan lingkungan manusia.
  10. Agresif Ada berbagai alasan yang membuat anjing agresif, mulai dari sifat posesif pemilik, stress hingga rasa gelisah. Cara terbaik mengatasi masalah perilaku anjing jenis ini adalah meminta bantuan pelatih anjing profesional.
  11. Menggonggong tanpa henti Menggonggong tanpa henti dapat menimbulkan kebisingan karenanya perlu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah perilaku anjing ini. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyuruhnya duduk sebelum mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, seperti mainan, makanan dan jalan jalan.
  12. Memakan kotoran Mungkin anda tak menyadari bahwa memakan kotoran adalah hal yang normal bagi anjng, meskipun begitu tentunya anda tak ingin mulut anjing anda bau kotoran. Baca juga artikel kami mengenai http://herbaltick.com/2016/12/cara-merawat-bulu-pada-golden-retriever/

Untuk mengatasi masalah perilaku ini cobalah tawarkan makanan yang lebih lezat saat ia mulai mengendus kotoran. Ada berbagai macam permasalahan anjing yang harus anda ketahui jika anda berniat untuk memilikinya di rumah. Namun ada lagi masalah anjing yang harus anda perhatikan yaitu Kutu, untuk mengatasi dan mengobati kutu pada anjing kami menawarkan obat kutu anjing HERBAL yang ampuh serta aman digunakan, untuk informasi dan pemesanan hub 0856-0000-0624

Leave a comment