Cara Memelihara Anjing Dengan Baik Dan Benar

Posted on

Cara Memelihara Anjing Dengan Baik Dan Benar

Salah satu hawan peliharaan manusia yang sangat patuh adalah anjing. Untuk memperoleh anjing yang sehat, aktif, dan bersih dibutuhkan perawatan dengan cara pemeliharaan yang baik dan benar. Sehingga anda harus mengaplikasikan tips berikut kepada anjing anda:

cara memelihara anjing

1.    Ketahui jenis anjing yang ada miliki
Sebelum memulai untuk memelihara anjing dengan baik dan benar sebaiknya anda mengenali anjing yang anda pelihara tentang asal usul dan jenis anjing. Karena terkadang jenis yang berbeda cara perawatannya juga akan sedikit berbeda seperti jual obat kutu anjing . Misalnya bagi anda penghobi anjing ras yang umumnya berasal dari negara atau daerah yang memiliki iklim yang lebih dingin dari Negara kita, sehingga perawatan yang ekstra harus kita siapkan ketika memutuskan untuk memeliharanya.

2.    Kenali kondisi fisik anjing
Selain mengenali asal usul anjing anda tips merawat anak anjing juga wajib mengenali keadaan fisik anjing ada saat ini. Anda bisa  mengenalinya mulai dari jenis anjing,  bentuk badannya apakah kecil atau besar, keadaan bulunya dan jenis bulu yang dimilikinya apakah panjang atau pendek.

Dengan mengenali kondisi anjing, akan memudahkan anda dalam memelihara anjing dengan baik dan benar.
3.    Memandikan anjing
Salah satu aspek yang paling diutamakan dalam merawat anjing adalah dari segi kebersihannya. Anda bisa mengawali cara memelihara anjing dengan baik dan benar dengan membersihkan anjing pada bagian muka mulai dari mata, mulut, hidung dan telinga. Anda bisa membasahi kain yang lembut dengan air untuk membersihkan area tersebut. Anda bisa memandikan anjing 1 hingga 2 kali dalam seminggu saat kondisi biasa, dan pastikan bulu anjing kering dengan sempurna pasca mandi. Anda sebaiknya tidak terlalu sering memandikan anjing, karena meskipun ia menyukai air namun jika terlampau sering akan membuat pertumbuhan bulu anjing menjadi tidak bagus terlebih yang mempunyai bulu panjang. Sembari mandi anda juga harus rutin menjaga kebersihan giginya dengan rutin menyikat gigi anjing dengan sikat dan pasta gigi.

4.    Merawat kuku anjing
Kuku merupakan sarang kuman jika tidak dibersihkan  atau dipotong secara rutin, begitu juga anjing anda. Namun dalam memelihara anjing dengan baik dan benar pada kukunya anda harus berhati-hati supaya tidak memotong kuku anjing yang berpembuluh darah yakni pada kuku yang terlihat lebih cerah.
Jika anda belum mahir atau takut salah melakukan perawatan kuku anda bisa meminta bantuan pada dokter hewan terdekat.

5.    Menjaga kebersihan dan kesehatan bulu
Cara memelihara anjing dengan baik dan benar dengan menjaga kebersihan dan kesehatan bulu bisa anda lakukan dengan membersihkan bulu anjing jika terdapat kotoran yang melekat. Selain itu anda bisa menyikat dan menyisir bulu anjing yang menempel.

6.    Lakukan vaksinasi
Untuk menjaga kesehatan anjing sebaiknya anda tidak lupa memberikan vaksinasi atau obat cacing sesuai anjuran dokter. Cara memelihara anjing dengan baik dan benar ini bertujuan untuk menghindarkan virus yang bisa mengakibatkan kesehatan anjing terganggu.

Dengan pemeliharaan yang tepat akan menjadikan anjing sehat, kuat, dan aktif serta terhindar dari segala macam penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh kutu, jika anjing anda terkena kutu silahkan gunakan Obat Kutu Anjing Herbal yang kami jual, untuk pemesanan hubungi 0856 0000 0624

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *